Thursday, September 23, 2010

TV AKIRA 14LGS1C Gambar Menyempit

TV AKIRA 14LGS1C Gambar Menyempit

Siang tadi dapet servisan tv Akira type 14LGS1C yang menggunakan aisy single 8853CPNG 6EG1,aisy vertikal LA78040 dan horizontal TT2190 dengan kerusakan gambar bagian atas dan bawah yang menyempit,seperti tampak pada gambar di atas. Tanpa pikir panjang lagi saya pun langsung masuk ke service mode tv tersebut dengan mengeNOLkan terlebih dahulu volumenya,lalu tahan tombol VOL (-) dan tekan tombol DISPLAY pada remot dan m@k bedunduk data servis pun muncul hehehehe........saya gulir ke item HIT lalu saya tambahi levelnya,m@k sreeeeettttt.....sampai full tapi nggak mau nutup sampai penuh juga tuh layar,wah cuma tertahan 3cm saja bagian atas bawahnya waduh,berarti ada komponen yang nggak beres nih,langsung aja obrak-abrik bagian vertikalnya. Pertama saya solder ulang dulu di area vertikal dan horizontal juga di semua pin aisy singlenya,lalu saya coba test masih tetep juga,eeee....la dalah,kemudian giliran elko-elkonya yang dapet giliran di reboisasi,lalu saya coba test lagi....eeeee....la kok masih tetep juga.....walah walaaaah.....

Akhirnya giliran R nya yang kebagian giliran sweeping hehehehe......saya periksa semua R di area vertikal sampai ke pin vertikal output aisy singlenya,di tengah jalan ketemu sama R320=15K yang lagi klenger kehausan karena lagi puasa wakakakaka......
terukur nilainya meler sedikit dari aslinya,walah walah R lagi R lagi biangnya haduuuuuh..... OKE tetap semangat buat KONCO-KONCO SEMUANYA.Pissssss!!!!!!!

1 comment:

  1. bos sory ane gi mulai belajar ic yng deket input strum merek akira pecah kodenya hilang disitu ada 5 kaki dan cuma no terakhir yaitu 3 solusinya gimana bos trim? wardylight@gmail.com

    ReplyDelete